Senin, 21 Desember 2009

Wafiq Azizah


Sholawat talenta yang tumbuh pada diri Wafiq sejak kecil. Wafiq nama panggilan dari Wafiq Azizah, bakatnya tuk bersenandung diturunkan dari bapaknya. Perempuan manis yang lahir di kota Magelang pada 4 Mei 1987 dari pasangan Buktari dan Tonah Lestari sudah mengasah bakatnya sejak masih duduk di bangku sekolah dasar kelas dua dengan mengikuti perlombaan-perlombaan dikotanya. Hingga dia dapat menjuarai sholawat tingkat kota Magelang.
Anak pertama dari tiga bersaudara ini semakin giat belajar dengan masuknya ke sanggar seni di kota Magelang. Dan sejak itu dia mulai mengisi acara di TVRI Yogyakarta sampai kelas lima sekolah dasar. Ibarat pungguk kejatuhan bulan itu perumpamaan tepat untuk menggambarkan karier Wafiq. Kenapa? Sebab disaat dia mengisi acara di TVRI Yogyakarta ada seorang produser dari Jakarta kecantol dengan suaranya. Hingga akhirnya rekaman setiap tahun harus diikuti oleh Wafiq disaat usianya masih kecil.
Namanya kian melejit setelah membawakan sholawat rebana. Masalah yang menjadi sandungan adalah undangan dari luar kota yang bersamaan jam sekolah, tapi tidak membuatnya putus asa. Lalu bagaimana sikap kedua orang tua Wafiq? Tetap mendukung asal bukanlah lagu pop atau dangdut yang menjadi pilihannya untuk berkarier ditarik suara. Begitu juga saat rekaman di kota Jakarta, Wafiq tetap dalam pengawasan ibunya. Karena Bapak Buhtari tidak tega membiarkan Wafiq pergi sendiri bersama pihak produser Jakarta. Sedangkan bapaknya wafiq tidak dapat mengawasi disebabkan tugas-tugasnya sebagai guru agama di sekolahan aliyah Magelang.
Hingga akhirnya, Wafiq memutuskan menikah diusia dini untuk mengurangi beban kedua orang tuanya. Dari hasil pernikahannya dengan laki-laki bernama Guntur Sarwo Edhy pada bulan agustus tahun 2006 telah dikaruniai putra putri kembar bernama Asbiq Badru Rufi’ilwafa dan Kayla Badru Taqiyya. Perempuan gemar makan mie goreng ini meskipun sibuk rekaman dan kuliah semester enam ambil jurusan tarbiyah di Wonosobo, dia tetap melaksanakan kewajibannya sebagai ibu dari anak kembarnya.
Menjadi muslimah yang bermanfaat bagi keluarga dan orang lain suatu cita-citanya. Maka dari itu meskipun sudah penuh jadwal seambrek, dia masih sempatkan waktu untuk melatih anak-anak kecil dalam olah vocal dan tari islami di sekolahan bapaknya mengajar. Tetap semangat bersaing dengan lagu-lagu pop dan dangdut adalah sebagai wujud perjuangannya bahwa dia tetap ingin menyebarkan syariah Islam. Lalu bagaimana sikap suami dengan tekatnya? Tetap mendukung, buktinya saat di Hongkong Wafiq berduet dengan suaminya tercinta bersenandung. Tetap semangat, ya!
Uraian wawancara tim Iqro dengan Wafiq Azizah sebagai berikut:
Iqro : “Assallamu’alaikum….
Wafiq : “Walaikum salam wr wb
Iqro : “Kami dari majalah iqro. Maaf mengganggu, bagaimana kabar mbak Wafiq?”
Wafiq : “Alhamdullilah baik. Oh, tidak apa-apa.
Iqro : “Sejak kapan Mbak Wafiq terjun dalam seni suara beraliran sholawat dan bisa sedikit
Cerita perjalanannya berkarier ini?
Wafiq : “Dalam bakat nyanyi ini datang dari bapak. Sejak kelas dua SD saya sudah sering
Ikut perlombaan setingkat Magelang. Dan setelah saya mendapat juara, saya sering
Dapat undangan ngisi acara. Bahkan setelah saya aktif ikut sanggar seni magelang
Saya juga ngisi acara di TVRI Yogyakarta, dari situlah ada pihak produser dari
Jakarta menginginkan saya rekaman hingga sekarang.
Iqro : “Wah, hebat ya. lalu gimana pihak keluarga dan tetangga dengan karier ini?
Wafiq : “Kalau keluarga tidak masalah yang penting bukan lagu pop atau dangdut dan kalau
Tetangga baik-baik saja, emang sih kadang ada teman yang bilang, “Wah, sekarang
Jadi artis.” Tapi bagiku biasa saja.
Iqro : “Mbak wafiq menikah sejak kapan dan sekarang putranya berapa?
Wafiq : “Sudah. Menikah tahun 2006 bulan delapan dan dikaruniai anak kembar putra putri
Jadi sepulang kuliah sekarang tidak bisa istirahat total karena harus menjaga anak.
Iqro : “Yang keberapa datang ke Hongkong ini? Dan ada tidak pesan buat teman-teman?
Wafiq : “Ini yang ke 4. Pesanya, bahwa menutup aurat itu mudah, yang susah adalah menutup diri dari segala perbuatan yang mengarah pada kemusyrikan. Jadilah muslimah yang istiqomah, selalu menuju kepada kebaikan/kearah yang lebih baik.
Iqro : “Baiklah, kami mengucapkan terima kasih waktu yang diberikan dan kami doakan semoga mbak Wafiq semakin sukses untuk dakwah dengan senandung sholawat. Dan selamat jalan semoga sampai tanah air dengan selamat, salam buat keluarga di rumah. Assallamu’alaikum…
Wafiq : “Walaikum salam wr wb.

di kutib dari:
http://wanailma77.multiply.com/reviews

Kamis, 17 Desember 2009

SEA Games XXV Laos Mengecewakan! Silat Hanya Bisa Raih Dua Emas

Kamis, 17 Desember 2009 | 21:28 WIB

VIENTIANE, KOMPAS.com — Tim silat Indonesia harus pulang dengan menelan kekecewaan. Pasalnya, secara total mereka hanya meraih dua emas dari target semula lima medali pada SEA Games XXV 2009 di Gedung Lao ITTEC Vientiane, Kamis (17/12/2009).

Satu tambahan emas dari empat pesilat Indonesia yang tampil di final pada pertandingan hari terakhir itu diraih oleh I Komang Wahyu Purbayasari di kelas 70 kg, menyusul satu emas dari nomor ganda putra yang diraih beberapa hari sebelumnya.

Komang, pesilat terakhir Indonesia yang tersisa, mengalahkan Min Swe dari Myanmar dengan skor telak 5-0.

Seusai pertandingan, Komang mengatakan bahwa ia hanya berusaha mengikuti instruksi pelatih Catur Indro agar tampil lebih tenang dan sabar menunggu saat untuk menyerang.

"Selain itu, lawan saya dari Myanmar ternyata tidak terlalu bagus. Saya justru harus bekerja keras pada babak-babak sebelumnya," kata pria kelahiran 22 September 1986 itu.

"Selain itu, saya juga sudah bertekad kepada diri sendiri bahwa saya datang sendiri bukan untuk kalah, melainkan untuk membawa medali emas," kata Komang yang sekarang tercatat sebagai anggota Polda NTB dengan pangkat briptu.

Dukungan langsung yang diberikan Mennegpora Andi Mallarangeng, Ketua KONI-KOI Rita Subowo, dan Ketua Kontingen Alex Noerdin ternyata belum cukup untuk memompa semangat atlet untuk meraih kemenangan.

Dari empat nomor final yang diikuti tim silat Indonesia pada pertandingan hari terakhir cabang tersebut, hanya satu medali emas yang diraih melalui Komang.

Dari tiga nomor final sebelumnya, pesilat Indonesia berguguran satu demi satu. Ini diawali oleh Pujo Hanoko di kelas 60 kg putra.

Pujo tidak bisa berbuat banyak dan menyerah dengan skor telak 0-5 dari Nguyen Ba Trinh dari Vietnam. Pesilat asal Bali, Ni Nyoman Suparniti (kelas 65 kg), yang diharapkan menambah perolehan emas agar tidak semakin terpuruk, juga menyerah kepada pesilat Vietnam, Nguyen Thi Phuong Thuy, dengan skor 1-4.

Sementara itu, M Sodik yang bertanding di kelas 65 kg juga kalah telak 0-5 dan kali ini kepada pesilat Thailand, Chaiwat Nimma.

Manajer tim Bambang Rus Effendi secara khusus menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat silat, karena hanya mampu merebut dua emas dan gagal mempertahankan gelar juara seperti di SEA Games 2007. Kala itu, perwakilan Indonesia di cabang tersebut meraih lima emas.

Dengan berakhirnya cabang pencak silat yang total mempertandingkan 17 nomor, Vietnam keluar sebagai juara dengan meraih enam emas, empat perak, dan satu perunggu, disusul oleh Malaysia dengan empat emas dan enam perak.

Thailand berada di peringkat ketiga dengan dua emas, empat perak, dan empat perunggu atau unggul selisih perak dengan Indonesia yang juga meraih dua emas, tetapi dengan tiga perak dan tiga perunggu.

Bagi Indonesia, ini adalah hasil terburuk di SEA Games setelah di Hanoi pada 2003 yang hanya merebut tiga emas.

- Perolehan medali untuk cabang silat:

Vietnam 6 4 1
Malaysia 4 0 6
Thailand 2 4 4
Indonesia 2 3 3
Singapura 1 2 5
Laos 1 2 4
Brunei 1 0 3
Myanmar 0 1 1
Filipina 0 1 1



Editor: lou

Sumber : ANT

Rabu, 16 Desember 2009

Musuh Bebuyutan di Final Pencak Silatseagame2009


Rabu, 16 Desember 2009 | 17:08 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Pesilat putri nasional Ni Nyoman Suparniti akan bertemu atlet Vietnam Nguyen Phuong Thuy untuk keempat kalinya ketika keduanya berhadapan di final pencak silat kelas D putri SEA Games XXV Laos, Kamis (17/12).

Dalam laga di Hall 3 gedung Lao ITECC nanti, Nyoman merupakan satu di antara empat atlet Indonesia yang akan tampil di antara 13 nomor final yang digelar secara berurutan sejak pukul 09:00 dan Nyoman kebagian tampil pada partai kelima pukul 10:20.

"Saya sudah tiga kali bertemu dengan dia (Phuong Thuy). Dari tiga kali pertemuan itu saya menang dua kali sehingga sudah hafal dengan gaya dia bertanding. Mudah-mudahan saya bisa mengatasinya kalau seandainya bertemu dia lagi di final," ujar Nyoman sebelum keberangkatan ke Laos.

Atlet kelahiran Bakas, Bali, 17 Mei 1984 dan berbobot 61 kilogram ini pertama kali bertemu Nguyen Phuong Thuy adalah di Kejuaraan Dunia 2004 di Singapura, ketika itu Nyoman meraih medali emas. Nyoman kemudian menang lagi di ajang Asian Martial Arts Games I Thailand pada Agustus lalu.

Nyoman dihentikan lawan yang sama pada babak awal SEA Games 2005 di Filipina. Namun ia kemudian berhasil mengharumkan bangsa lewat prestasi emasnya di ajang SEA Games 2007 Thailand dan Asian Beach Games 2008 Bali di kelas D putri.

Kini Nyoman kembali maju ke final setelah di semifinal menundukkan atlet tuan rumah Laos Bouaphay di semifinal 14 Desember lalu. Sedangkan Phuong Thuy menyisihkan atlet Thailand Jongdee Hemkaeo.

Selain Nyoman, tiga atlet Indonesia lainnya yang tampil di final adalah Pujo Janoko, M Sodik dan I Komang Wahyu. Pujo Janoko akan berhadapan Nguyen Ba Trinh (Vietnam) di kelas C (55-60kg) pukul 09:20. M Sodik melawan Chaiwat Nimma (Thailand) di kelas D (60-65kg) pukul 15:00, sedangkan I Komang Wahyu berhadapan Min Swe (Myanmar) di kelas E (65-70kg) pukul 15:30.

Jadwal pertandingan final pencak silat selengkapnya seperti dikutip dari situs Panpel (LAOSOC) adalah:
- 09:00 Kelas A 45kg-50kg - Putri : Le Thi Phi Nga (Vie) vs Boutsady (Lao)
- 09:20 Kelas C 55kg-60kg - Putra: Nguyen Ba Trinh (Vie) vs PUJO JANOKO
- 09:40 Kelas B 50kg-55kg - Putri : Huynh Thi Thu Hong (Vie) vs Dinniyati Julami (Sin)
- 10:00 Kelas F 70kg-75kg - Putra : Truong Van Mao (Vie) Mohd Fauzi (Mas)
- 10:20 Kelas D 60kg-65kg - Putri : NI NYOMAN SUPARNITI (INA) vs Nguyen Phuong Thuy (Vie)
- 11:00 Kelas G 75kg-80kg - Putra : Vu The Hoang (Vie) vs Shakir Juanda (Sin)
- 11:00 Kelas E 65kg-70kg - Putri : Le Thi Hong Ngoan (Vie) vs Monruthai B (Tha)
- 11:30 Kelas H 80kg-85kg - Putra : Chanon Untakool (Tha) vs Faizal Abdullah (Mas)
- 14:30 Kelas A 45kg-50kg - Putra : Moh Hafiz (Mas) vs Okhe Botsavang (Lao)
- 14:30 Kelas B 50kg-55kg - Putra : Nanthachai (Tha) vs Tran Van Toan (Vie)
- 15:00 Kelas D 60kg-65kg - Putra : M SODIK (INA) vs Chaiwat Nimma (Tha)
- 15:00 Kelas C 55kg-60kg - Putri : Emy Latip (Mas) vs Jutarat Noytapa (Tha)
- 15:30 Kelas E 65kg-70kg - Putra : Min Swe (Mya) vs I KOMANG WAHYU (INA)

CAY

Editor: cay

Sumber : ANT

http://m.kompas.com di mana saja melalui ponsel, Blackberry, iPhone, atau Windows Mobile Phone Anda

Jumat, 04 Desember 2009

keindahan Purnama terjebak dalam ketenangan Malam

Barangkali sudah fitrah
lagu harus terpaut pada melodi
rembulan penyempurna malam
dan pagipun riang dengan nyanyian camar
merenda serpihan hati yang mungkinkah
sempurna dengan teduh senyummu utuh....?

Adalah hari temani mimpi
yang mungkin terbang bersama angin kepagian
adalah mimpiku bersamamu
untuk menelusuri dimensi surgawi kehidupan

Malam......
tamaram tanpa purnama
sekali lagi aku resah tak berbentuk
manakala senyummu hadir dikesunyian hati
oo....adakah rasa yang sama senada.....
senadakan ketelingsutan jiwa yang hampa
nan suakan hasrat seolah esok
merenda purnama kembali diteduhnya senyum malam

Ah....
Sekiranya sang malam bisa mengungkap
cahaya purnama yang bias,
Mungkin purnama tak seresah pungu' meratap dalam kesunyian yang tak bermelodi
namun hasrat seolah terhenti
ketika malam menandakan ragu yang membiru.

Jika malam tahu purnama tulus dan selalu tetap menerangi
walau awan menghalangi,
mendung menutupi,
akankah malam mengerti dan menguak rasa keraguan yang membiru...?
sehingga lagu tetap bermelodi.

Purnama terapung di jeda-jeda zaman penggilasan
tanpa pegangan pun tanpa lentera pembawa terang
hanya kesetiaan hati menerangi mimpi di ujung serpihan perjuangan di jogja
akankah makna purnama temui bersama tapak-tapak senyum malam...?

MENUJU KETENANGAN JIWA....?
LEBUR DALAM ILAHI SANG PENCIPTA MALAM DAN PURNAMA

Biarlah lagu terus.....dan terus menemukan melodinya
dalam keindahan purnama dan ketenangan malam.


wisma ambera jogja, jum'at 04 desember 2009

mba' Siti Aisyah di alam sana.dengarkan ade'mu ini yang sedang bertanya

saat malam mulai merampas hening
aku hanyut dalam heningnya.
ah ....dia selalu mmbayangi.
ah...aku tidak ingin jatuh cinta untuk saat ini
mba' Siti Aisyah.
tolong Ade'mu ni.
aku tahu,kamu tidak bisa membelai kepala aku yang penuh dengan isi
namun bisa aku rasa tanganmu yang lembut memegang pipi aku dengan kasih sayang di alam suci
aku telah mengenalnya sejak kecil namun tak sampai 1 bulan aku telah lebih mngenali.
dia beda dengan wanita lain & denyutan jantung aku tak pernah sekencang ini.
ketika melihat fotonya dalam sudut mataku.
ah gadis pondok berkerudung sungguh senyum kamu sangat bening di hati.
dia sangat pintar dan lebih pintar dariku.
sejenak aku larut dalam sejarah wanita yang pernah mengisi ruang di hati ini
kenapa aku di takdirkan menyukai wanita yang lebih pintar dari diri.
ah...
mba',tlong ade'mu ini.
q tidak ingin tertipu dengan denyutan sesaat ini.
seperti yang telah berlalu.
walau aku tahu aku tidak bisa menilai .
apakah ini denyutan sesaat atau tidak.


06/11/2009
di sudut net kota jogja

Rasa

RASA

terasa malam sudah mulai melarut
suara binatang malam berlomba-lomba menunjukkan suaranya yang merdu
suara katak yang dominan suara bas
suara jangkrik yang dominan suara sopran
dan suara burung2 malam seakan menyihir suasana malam yang cekam
menjadi suasana romantis

di ujung langit
bulan dengan menunjukkan separuh dari badannya
seakan ingin menyapa malam
bintangpun dengan kedipannya laksana mata wanita bali
menambah harmoni dunia malam

sungguh indah dunia malam
salah satu tanda kebesaran Tuhan
akupun terlena dalam kebesaranNYA
selanjutnya terasa cintaku padaNYA mengalahkan cintaku pada ciptaanNYA

telingaku mengangkap suara binatang2 malam
mataku melihat bulan yang malu2 dan bintang yang berkedip
namun, otakku perlahan memasuki dimensi yang beda
dimensi cintaku pada kaum hawa yang pernah singgah di hatiku
indra-indraku pun tertutup

kini terasa cintaku pada kaum hawa seakan tak terasa lagi
seakan terhisap oleh wanita2 yang pernah ada di hatiku
ada apa ini.................?

apakah karena tidak ada kaum hawa yang mampu mencuri hatiku saat ini......?
jika ia,
aku yakin suatu saat pasti ada karena Tuhan tidak mungkin salah mencatat
atau karena cintaku pada MU ....YA ALLAH....yang mengalahkan cintaku pada kaum hawa...?
jika ia...
ijinkanlah aku mencintai kaum hawa karena cintaku padaMU...

suara sebutir kelapa jatuh dari tangkainya
keras sekali suaranya
membuat aku terbangun dalam pikiranku yang mulai menjauh
dan suara katak, jangkrik serta burung2 malam kembali terperangkap oleh telingaku
bulan yang malu2, bintang2 yang selalu berkedip
dan peristirahatan tokoh-tokoh besar di barat hadapanku pun
kembali terwujud dalam mataku.

selanjutnya akupun kembali dalam bulir2 tasbihku.....


30 maret 2002
congkop ponpes miftahul ulum x-sat jember jawa timur.

BELAJAR ARTI HIDUP DARI GUNUNG RAUNG

BELAJAR ARTI HIDUP DARI GUNUNG RAUNG

Sore itu aku menaiki gunung kecil di barat rumahku
Gunung kecil yang dominan dihuni oleh tanaman bambu
Dan empat makam leluhurku
Kakekku, mertua kakekku, ibu dari mertua kakekku
Satu lagi makam mungil anak dari sepupuku

Terlihat gunung RAUNG di timur ujung mataku
Sejak kecil aku selalu memandangnya
Ketika malam terkalahkan oleh sinar mentari
Pun ketika sinar mentari lelah menyinari bumi

Tak ada teman atau saudara yang menyukai kebiasaanku
Memandang gunung sampai teriakan ibuku memanggilku untuk sekolah
Memandang gunung sampai teriakan ibuku memanggilku untuk mengaji
Ta’ ada bosan ta’ ada jemu
Akupun heran dengan kebiasaanku
Apalagi orang tuaku….he…..he….

Namun saat aku terharuskan pergi dari rumah
Pergi untuk mengetahui luasnya dunia
Tak terasa waktu berjalan dengan cepat
Telah 10 tahun aku tidak setiap pagi dan sore memandang gunung

Gunung itu masih seperti dulu
Seperti aku lihat pada masa kanakku
Hanya arti gunung itu yang berubah
Berubah sejalan dengan umurku

Sepintas aku menghentikan otak sejenak
Mengingat arti gunung dari sudut mata aku kecil
Gunung itu tegap
Gunung itu angkuh
Gunung itu indah
Gunung itu tinggi dan besar
Namun ketika fantasi menjelma

Gunung itu tak jauh beda dengan gunung kecil di barat ruMahku,
Terlihat dikejauhan besar
Namun tatkala kaki menginjakkan kaki pada ketinggiannya
Gunung itu kecil.
Tak ada keangkuhan, tak ada ketegapan, keindahanpun terkalahkan dengan keindahan sejauh mata memandang dari atas gunung.

Namun sejalan dengan umur bertambah
Bertambah pula arti gunung itu bagiku
memberi pengertian dalam hidup

gunung itu tinggi
seakan menentang langit
mengajari akan sebuah makna
manusia harus berani punya cita-cita
kaki boleh menginjak bumi
tapi cita-cita harus setinggi langit

gunung itu indah
namun keindahannya pupus ketika kaki menginjakkan kaki di atasnya
mengartikan sebuah makna akan ada keindahan yang melebihi keindahan2

Gunung itu mengkerucut keatas
Sebuah tanda segala sesuatu akan kembali padaNYA
Gunung itu selalu menerima apapun yang menerpanya
Namun akan menyapa ketika alam tidak seimbang.
Longsor, kebakaran, banjir bandang.

Gunung itu besar ketika terlihat dari kejauhan
Namun kebesarannya luntur ketika kaki berada pada ketinggiannya
Apakah ini yang dinamakan arti
Seorang yang besar tak ada apa-apanya ketika berada pada ke-mahaanNYA
Pada kekuasaan Tuhan

Terasa sombong tak patut
Terasa angkuh tak bisa
Terasa paling benar sendiri pun tak pantas


Akupun belajar dari gunung
Belajar tentang hidup
Hidup tergambar dari salah satu ciptaan Tuhan
Yaitu
GUNUNG


17 september 2009(di atas gunung kecil barat rumahku-jember)

TRADISI KRITIK DALAM ISLAM

TRADISI KRITIK DALAM ISLAM
Oleh:
Bahroni Abusiri Q

Kritik bukan sesuatu yang asing dalam Islam, sejak awal kelahirannya, Islam ditandai turunnya lima ayat pertama surat Al-‘Alaq ini menuntut kepada manusia (dalam konteks pertama kepada nabi Muhammad) agar membaca proses sejarah yang terjadi di masyarakat secara kritis. Dalam ayat lain (QS.Al-Baqarah/2: 30), Tuhan menetapkan keputusan-Nya menciptakan seorang kholifah di bumi disertai kritik tajam dari malaikat beserta beserta argumentasinya yang relevan dan bagus.
Karena kritik tersebut, maka banyak ilmu pengetahuan yang muncul dan beranekaragam. Nabi Adam melalui pengajaran-Nya, Tuhan mengkritiknya ketika tidak mau mematuhi perintah-Nya. Dengan kritik pula Nabi Adam dan Siti Hawa diturunkan ke bumi. Di bumi mereka menemukan banyak pengalaman yang kemudian memunculkan pengetahuan.
Banyak ayat Al-Qur’an berupa kritik terhadap peristiwa yang dialami Nabi Muhammad dan sahabatnya, bisa juga berupa kritik terhadap manusia ketika tidak memahami kehendak Tuhan, manusia banyak dikritik dengan terma yang sangat pedas. Seperti, “apakah kalian tidak berfikir ?”,”apakah kalian tidak merenungkan ?”, dan seterusnya.
Memang ada firman Tuhan yang sifatnya bercerita namun cerita tersebut dalam studi Muhammad Ahmad Khalafullah yang berjudul “Al Fann Al-Qashas fi Al-Qur’an Al-karim”, tidak seluruhnya bermaksud informasi, melainkan menyimpan pesan-pesan khusus yang memerlukan studi tersendiri. Banyak hal yang membuktikan bahwa Islam memiliki tradisi kritik yang sangat kuat. Pertama, Al-Qur’an sendiri adalah mukjizat wacana kritis, berbeda dengan nabi-nabi sebelumnya yang selalu disertai dengan mukjizat ( kesaktian mistik ) dan Nabi Muhammad disertai mukjizat yang sangat rasional dan revolusioner.
Al-Qur’an bukan hanya menceritakan sejarah- sejarah sosial, melainkan juga memberikan bekal pemahaman kepada manusia dalam kehidupan dan penciptaan peradaban. Terma-terma yang dipakai Al-Qur’an tidak mistis dan dan mensisir pembacanya. Namun dengan cerdas dan kritis mengajarkan kepada manusia tentang makna kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan, keadilan dan sederet nilai-nilai kemanusiaan lainnya. Jika dicermati Al-Qur’an adalah (kitab) yang paling percaya diri di dunia. Sejak awal berani menentang siapa saja yang tidak mempercayai dirinya. Banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang menentang siapapun yang ingin menandingi kehebatannya denga menciptakan karya serupa.
Kedua, Nabi Muhammad adalah tokoh historis bukan mitos dalam pergaulannya denga para sahabat, Beliau bukanlah sosok yang otoriter dan anti kritik, sejarah perang dalam masanya selalu diiringi dengan perdebatan strategi antara dirinya dengan para sahabat, perang Uhud merupakan satu contoh bagaimana Kholid bin Walid menjadi pemenang adu argumen yang kemudian oleh Nabi diserahi sebagai panglima perang. Ketiga, masyarakat yang mencocoba mengembangkan pesan-pesan Nabi Muhammad melalui piagam Madinah adalah masyarakat yang sangat menghargai pluralitas. Kehidupan masyarakat tersebut sangat menghargai perbedaan agama dan suku. Perbedaan bukan dipahami sebagai sebagai potensi konflik, melainkan difahami sebagai potensi dinamis yang saling menjaga. Keempat, biografi para ulama’ salaf menunjukkan adanya tradisi ijtihad yang sangat kuat, mereka dengan keshalihan dan kedalaman pengetahuannya senantiasa memahami pengetahuan ulama’ lain dan denga penghormatan yang luar biasa. Akan tetapi , berbeda dengan pengertian penghormatan yang bermakna ketundukan yang tak beralasan, penghormatan mereka diwujudkan dalam tradisi kritik yang baik diwujudkan dalam produksi karya-karyanya.
Imam Syafi’I menghormati gurunya Imam Malik melalui karya-karyanya seperti Al-Umm. Demikian pula bagaimana Imam Ahmad bin Hambal membuat karya yang berbeda dengan gurunya Imam Syafi’I, mereka tidak menempatkan pandanganmya secara idiologis tertutup, namun sebaliknya terbuka dengan pandangan manapun dan saling menghormati.
Manusia diberi potensi yang luar biasa oleh Tuhan berupa akal selain potensi nafsu liar. Dengan kedua potensi tersebut manusia dituntut berfikir dan mengatur strategi bagaimana menyeimbangkan keduanya. Berfikir dan mengatur strategi masyarakat dengan saling mengkritik, karena dengan saling mengkritik manusia menjadi lebih baik dan kreatif. Sejarah intelektual Islam mencatat perkembangan luar biasa dalam pengetahuan dan kebudayaan ketika “kritik menjadi tradisi”.
Para pemikir Islam selalu melakukan analisa yang tajam untuk menetapkan pikiran-pikirannya. Analisa bisa terjadi ketika kritik menjadi landasan. Tanpa kritik tak akan ada analisa. Pengetahuan menjadi terlepas dari praktis, pengetahuan menjadi hanya berbusa-busa tanpa makna persentuhan dengan tradisi kemanusiaan. Padahal Islam diturunkan untuk manusia yang menyejarah. Salah satu kekuatan Islam adalah eksistensi Al-Qur’an yang tumbuh dan berjalan seiring dengan tradisi kenabian yang dikembangkan oleh umat Islam. Al-Qur’an secara spiritual terpelihara dengan praktek ibadah dan secara intelektual selalu diperdebatkan ulang.
Seluruh variabel ini saling mendukung sehingga melahirkan mekanisme kontrol dan dorongan inovasi secara terus menerus sepanjang sejarah islam. mekanisme kontrol variabel dan tarik menarik antara berbagai aliran-aliran bisa berjalan dengan sehat karena ada kritik yang berkelanjutan secara sportif. Mekanisme kritik diri seperti inilah yang pada gilirannya akan melahirkan pikiran-pikiran alternatif yang ideal.
Satu hal yang mudah disimpulkan adalah bahwa islam memiliki konsistensi dan tradisi kritik yang luar biasa, Islam menjadi berkembang dengan menciptakan banyak karya seni dan kebudayaan dan seterusnya karena adanya kritik sebagai tradisi. Oleh karena itu sangat ironis jika ada diantara kita yang alergi terhadap kritik. Apakah itu terjadi saya, anda, ataupun orang lain ?. hanya andalah yang bisa menjawabnya.

25 Agustus 2009. di wisma ambera jogja

melayang

melayang...

Allah berilah hidayahmu
aku mohon.....
detak jantungku terasa berhenti
ketika aku sadar
aku telah melewati batas jurang

melayang....

kaki terasa tak berpijak
terasa tanah sulit di injak
pikiran kalut melayang tak kuasa menangkap jaring laba2 erat
badan terasa bergetar
bagai disambar petir di siang terbakar

melayang...

aku terasa di dua ruang yang terbatas tipis
namun lebih condong di ruang gelap
Allah ampuni aku karena telah mensiakan waktumu
berilah aku setitik kesempatan
agar tak meruang dalam gelap

berilah aku kesempatan kemurahan
pada hamba-hambamu
yang punya rumah dalam pagoda kecilmu

berilah aku setitik kasih
pada hamba-hambamu
agar diri bisa menebus debu
kepada yang membesarkanku

melayang...

aku tahu
salah, dosa, adalah milikku
namun engkau maha pemurah
dan aku yakin hanya kepadamu
aku menyembah dan meminta tolong

melayang...
berilah hidayahmu dalam pikiranku yang melayang....

amin....


Ruang PD 1, uy,UIN suka JOgja.20/08/2009

ketika rasa itu datang

ketika rasa itu datang
serasa tubuh yang mengakar
diri berdebar tak karuan

ketika rasa itu mengguncang
serasa dahsyatnya gempa pukul 05.55 wib selama 57 detik. 5,7 sk
hari sabtu 27 mei 2006 di jogja silam

ketika rasa itu meledak
sedahsyat bom2 teroris yang biadab

ketika rasa itu mengguncang
guncangnya seperti gunung merapi
yang mual dan akhirnya memuntahkan isi perutnya

ketika rasa itu menuntut
pikiRAN menjadi cerdas untuk memenuhi tuntutan

ketika rasa itu hadir
diri tanpa sadar terkurung dalam dimensi ruang dan waktu

ketika rasa itu datang
tak jarang manusia terus hidup karenanya

ketika rasa itu ada......

apa itu.....

itu adalah


CINTA..........

sang malam menertawakanku

semilir angin menghembus tulang
sepintas cahaya rembulan malu-malu dibalik tirai
cahayanya mengintip dari balik kelambu awan
serasa malunya seperti seorang desa

aku dengan ke akuan ku
sepi dalam keramaian
menundukkan hati
menyibak tirai hidup
yang seolah gelap

aku dengan ke akuan ku
mencoba menata yang seharusnya tertata
menyatukan serpihan-serpihan semangat
semangat yang perlahan terkikis atas satu nama
nama itu adalah WAKTU

waktu begitu cepat terasa di jogja
seolah diri terdekte oleh waktu
waktu dengan keangkuhannya
bergerak
bergerak tak kenal apa

aku dengan ke akuanku
menundukkan hati yang menganga
berbicara pada nurani
bukan untuk siapa-siapa...
bukan untuknya...
bukan untuk dia...
bukan untuk mereka...
tapi untuk ku
kepada nya
kepada dia
kepada mereka

aku dengan ke akuan ku
berbicara pada nurani
nurani yang terselubung oleh amarah
nurani yang terselubung oleh keinginan yang hampa.

nurani berkata
namun lebih tepatnya
MENGEJEK
atas diri
walau diri menyadari
semangat seorang manusia takkan selamanya
selamanya dalam semangat
pada titik tertentu akan mengalami fluktuasi
mengalami naik turun.
tapi diri menyadari
saat-saat tertentu diri tak bisa menerima kemunduran semangat.
untuk berkarya
untuk berbuat
untuk yang ada disekitar merasa senang
gembira, terlindungi,nyaman
dengan kehadiran diri.

tapi diri tak bisa ditolak mengatakan
semangat bersembunyi dalam waktu.
akan kah aku mencari semangat itu...?
di luar diri....?
namun kepada siapa...?
apakah kepada rembulan,...?
apakah kepada angin malam...?
apakah kepada sang bintang ...?
yang setia menemani sang rembulan..
apakah sudah saatnya ku mencari sesosok
siti khojidah yang dengan kelembutannya
menemani sang nabi Muhammad yang sok,gemetar, keluar keringat dingin,
sekaliber nabi yang terasa otak terhenti
logika tak kuasa
pikiran tak bisa berfikir
saat menerima wahyu pertama...

dengan kelembutan siti khodijah
nabi menemukan otaknya
nabi menemukan dirinya
nabi menemukan logikanya
nabi menemukan pikirannya
nabi menemukan obsesinya
nabi menemukan semangatnya

apakah sudah saatnya aku mencari sosok siti khodijah....?
apakah sudah waktunya...?
diri hanya bisa tertawa
ditemani sang malam yang mulai tergilas pagi
di temani bintang dan rembulan di atas sana
di temani angin malam yang menusuk tulang
seakan mereka berbisik.

semangat....!